Wednesday, June 25, 2014

Akibat dari Kebiasaan Memegang Wajah dengan Tangan

Memegang merupakan hal yang sering dilakukan baik untuk mengelap keringat, menggaruk atau hanya sekedar menyentuh tanpa sadar, hal tersebut telah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang, padahal menyentuh wajah dengan tangan atau sebuah benda merupakan kebiasaan yang tidak baik karena sifat kulit wajah yang sensitif dan berbeda dengan kulit lainnya ditubuh kita seperti kulit tubuh dan tangan.
memegang wajah
memegang wajah
Kebiasaan menyentuh kulit wajah dengan tangan yang tidak steril (bersih) dapat mengakibatkan banyak masalah terhadap kulit wajah kita seperti dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang telah saya jelaskan pada artikel hal yang dapat menimbulkan jerawat. Akan tetapi menyentuh wajah seperti untuk membersihkan kotoran yang menempel, mengatur rambut atau bahkan bersin merupakan hal yang cukup sulit untuk dihindari, oleh karena itu dianjurkan kita harus selalu mempersiapkan tisu bersih yang dapat kita gunakan untuk membersihkan dan menyentuh wajah kita sehingga kita tidak perlu menyentuhnya langsung dengan tangan kita.
Baca juga Cara menghilangkan jerawat secara alami

Berikut ini adalah beberapa efek atau akibat dari kebiasaan memegang wajah dengan tangan:
1.  Iritasi
Seperti yanag saya katakan sebelumnya bahwa kulit wajah merupakan kulit yang sangat sensitif sehingga sangat mudah luka atau teriritasi, terutama karena sentuhan yang sedikit kasar terhadap wajah seperti dengan menggaruk wajah.

2. Meningkatkan produksi minyak
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa menyentuh wajah dapat memacu wajah untuk meningkatkan produksi minyak dan hal ini yang merupakan salah satu faktor timbulnya jerawat yang disebabkan penyumbatan pada pori – pori akibat minyak tersebut.

3. Penyebaran Bakteri
Sering kali kita merasa kulit tangan kita telah bersih, padahal sebenarnya terdapat ribuan kuman yang berada di permukaan kulit tangan kita yang sangat aktif menyentuh barang lainnya seperti uang, pegangan pintu, kendaraan dll, oleh karena itu dengan menyentuhkan tangan ke wajah dapat menyebabkan penyebaran bakteri dari benda – benda tersebut hingga berada di kulit wajah anda yang akhirnya dapat menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat.

4. Timbul jaringan parut dan peradangan
Hal ini sering terjadi karena sentuhan terhadap ulit wajah yang sedikit kasar seperti menggaruk wajah dan mengupas atau mencongkel jerawat yang telah ada. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah yang besar terhadap kulit anda yaitu berupa peradangan dan timbulnya jaringan parut yang jika sembuh dan kering pun dapat meninggalkan bekas yang sulit hilang di kulit wajah anda.

5. Kerutan
Akibat yang kelima yaitu dapat menyebabkan kerutan pada kulit wajah. Hal ini terjadi akibat sentuhan pada kulit wajah yang sensitif yang dapat menyebabkan penarikan kulit wajah sehingga menyebabkan pembentukan kerutan

Mengingat bahaya yang dapat disebabkan oleh kebiasaan menyentuh wajah, kita harus belajar untuk berusaha menghindari kebiasan tersebut sehingga tidak terjadi akibat yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment